KLIK PADA GAMBAR DI BAWAH INI UNTUK MELIHAT KARYA-KARYA KALIGRAFI CV. ASSIRY ART

CV. ASSIRY ART DALAM LIPUTAN

Jenis Jenis Khat Kaligrafi Arab Beserta Pengertiannya

Jenis jenis khat kaligrafi arab serta penjabarannya akan kami ulas secara detail di artikel kali ini. Anda pasti pasti sedikit asing jika mendengar tentang khat kaligrafi, khat adalah bentuk atau model huruf kaligrafi yang di temukan oleh khathat. Khathat sendiri yaitu orang yang mengarang tulisan arab pertama kali. Kebanyakan mereka berasal dari timur tengah, dengan tujuan memperindah tulisan arab supaya dapat secara mudah kita membacanya.

Macam Macam Khat Kaligrafi

Khat kaligrafi sendiri tidak berkaitan dengan agama, melainkan merupakan kreasi atau tangan kreatif seorang kaligrafer. Namun perlu di garis bawahi dalam penulisan model khat huruf arab boleh saja kita mendesain sebagus mungkin, akan tetapi tidak boleh merubah makna apalagi arti dari kalimat tersebut. Menurut hukum islam itu tidak diperbolehkan, merubah makna tulisan kaligrafi arab sekaligus makna dari huruf tersebut.

Jenis Jenis Khat Kaligrafi Terkenal

Banyak para tokoh kaligrafi mempersembahkan karyanya dengan beberapa sebutan khat atau model. Dibawah ini adalah sebagian jenis kaligrafi terkenal yang kita jumpai terkadang terdapat di dalam bangunan masjid antara lain :

Khat Naskhi

Jasa Kaligrafi Masjid, Harga Kaligrafi Masjid, Motif Awan Kubah Masjid

Khat Naskhi ialah suatu jenis kaligrafi mudah untuk di baca, khat ini biasanya terdapat pada al-quran. Tulisan pertama kali muncul pada abad ke 5 hijriyah, ketika itu marak dijadikan cetak karya tulisan arab salah satunya al-quran.

Khat Kufi

Kaligrafi Masjid, Cat Awan Kubah Masjid, Jasa Kaligrafi Masjid

Kufi sendiri merupakan khat tertua pada masa itu, dinamakan kufi karena berada di daerah di kota kufah. Gaya tulisan ini sedikit kaku, namun model khat pada kufi mempunyai nilai desain menarik karya seninya semakin muncul.

Khat Tsulust

Kaligrafi Masjid, Jasa Pembuatan Kaligrafi Masjid, Harga Kaligrafi

Bentuk ornamen paling keren, kadang kita menemukan pada pembuatan kaligrafi masjid menggunakan model ini. Nah untuk mempelajari model tulisan tsulut sedikit rumit, seorang kaligrafer mendesain pada dinding untuk memunculkan gaya baru pada atau masa kini.

Khat Farisi

Harga Kaligrafi Masjid, Motif Awan Kubah Masjid, Jasa Cat Motif Marmer

Berasal dari negara Persia khat farisi di buat pertama kali oleh tokoh persia bernama Mir Ali Sultan al-Tabrizi. Pada momen tertentu khat di buat tidak pada al-quran,  tulisannya menggantung dengan ketebalan berbeda.

Khat Diwani

Kaligrafi Masjid Nabawi, Jasa Kaligrafi Masjid, Harga Kaligrafi Masjid Murah

Diwani adalah model kaligrafi arab di cetuskan oleh penduduk orang Turki, pada masa bani Usmani. Goresannya lentur bisa saja berbentuk macam-macam, tulisan khat diwani sendiri banyak di jumpai pada kantor pemerintahan Turki.

Khat Riq'ah

Jasa Kaligrafi Masjid, Harga Cat Motif Awan Kubah Masjid, Interior Ornamen Masjid

Tulisannya mempunyai ciri tertentu yaitu tidak menggunakan harokat, terkadang semua khatthat mampu menguasai model riq'ah. Nilai kesederhanaan pada model riq'ah mampu atau mudal di kenal oleh masyarakat arab.

Contoh gambar jenis khat kaligrafi di atas merupakan sebagian karya sederhana bertulis pada kertas putih dan di tulis dengan tinta. Masih ada lagi karya yang belum kami sempat publishkan pada kesempatan kali ini, mudah mudahan lain waktu akan ada waktu untuk memberikan macam macam gambar kaligrafi serta pengertian tentang jenis khat.