KLIK PADA GAMBAR DI BAWAH INI UNTUK MELIHAT KARYA-KARYA KALIGRAFI CV. ASSIRY ART

CV. ASSIRY ART DALAM LIPUTAN

KALIGRAFI KUNINGAN PLAT UNTUK MASJID KAMPUS UPI BANDUNG KARYA ASSIRY ART







Kami akan memberikan tips gratis dan teknik membuat kaligrafi plat Kuningan tebal 1 mm gaya Assiry Art. Sangat mudah ko tidak sesulit yang dibayangkan karena materi kaligrafi plat kuningan ini termasuk menjadi materi wajib bagi Santri PSKQ Modern biar ngga gaptek dan tidak cuma jago lomba kalgrafi MTQ saja. Langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Tahap pertama dalam membuat kaligrafi kuningan adalah pemilihan bahan, Sebelum membuat kaligrafi kuningan , biasanya kami memilih bahan kuningan yang tebalnya.minimal 0.8 mm agar ketika diketok dan dilas sambungannya bisa rapi dan maksimal. Berbeda dengan teknik pembuatan kaligrafi kuningan di pasaran yang mengunakan tebal 0.1 atau 0.2 mm dan ngetoknya juga cuma menggunakan pulpen bekas.
2. Tahap yang kedua dalam membuat kaligrafi kuningan adalah pembuatan desain, membuat kaligrafi kuningan didesain dengan menggunakan coreldraw atau dengan cara manual (langsung dengan alat tulis)
3. Tahap yang ketiga dalam membuat kaligrafi kuningan adalah menduplikatkan desain, setelah desain jadi kita duplikatkan keukuran yang kita inginkan. Setelah proses penduplikatan selesai dan kita mendapatkan hasil yang kita inginkan barulah kita melangkah ke proses selanjutnya yaitu yang di sebut dengan proses pengetokan dengan alat - alat tatah khusus yang dimodifikasi sesuai kebutuhan.
4. Tahap yang keempat dalam membuat kaligrafi kuningan adalah pengetokan plat kuningan. Namun sebelum kita mulai mengetok plat kuningan yang akan kita buat kaligrafi kita siapkan terlebih dahulu alat-alat yang akan digunakan untuk mengetok diantaranya tatah, palu dan kita letakkan plat kuningan diatas jabung yang sudah disiapkan setelahsetengah hari direbus hingga panas 150 derajat.
Setelah plat kuningan siap letakkan duplikat desain yang telah kita buat tadi diatas plat kuningan.
5. Proses selanjutnya mulailah mengetok kuningan dengan alat tatah dan palu mengikuti desain yang telah kita buat tadi. Setelah selesai untuk menambahkan kesan timbul pada tulisan kita buat garis pada plat bagian belakang sesuai kreasi kita dengan tatahan yang lebih kuat biar muncul kesan timbulnya.
6. Setelah semua selesai melangkah ke tahap selanjutnya yaitu proses yang disebut nitiki (membuat titik) ini dimaksudkan supaya tulisan lebih mendapat kesan timbul dibagian latar atau background tulisan kaligrafi.
7. Setelah semua selesai tahap selanjutnya yaitu finishing dan braso dengan menggunakan gurinda poles dan bahan thinner dan cairan khusus agar kuningan plat yang terkena bekas jabung tadi kembali bersih dan mengkilap seperti aslinya. (ingat gunakan bahan yang lunak supaya media yang telah kita buat tadi tidak rusak). Jika diperlukan warna background bisa dicat gelap sesuai selera biar tulisan kaligrafi terlihat semakin mencorong dan bersinar sehingga tamipalan kaligrafi plat tersebut terlihat cantik dan elegan.
8. Pemasangan adalah tahap akhir yang harus dikerjakan. Tentu yang harus diperhatikan adalah sambungan plat kuningan tersebut. Gunakan las yang berkualitas dengan bahan las plat potongan kuningan biar sambungan dari pertemuan plat kuningan tadi tetap sama warnanya dan tidak belang.
KET GAMBAR: 
============
- Hari ini, Jumat 27 Juli 2018 tampak proses pengerjaan plat kaligrafi kuningan dengan ketebalan 1 mm oleh Santri Senior Pskq Modern Kudus Jateng dan team Assiry Art untuk Masjid Kampus Universitas Pendidikan Indonesia UPI Bandung Jabar yang sudah mencapai 80 persen dengan total volume 117 meter dengan tinggi 60 cm.
- Demikianlah tips dan teknik CV.Assiry Art dalam proses pembuatan kaligrafi plat tebal 1 mm kita hari ini semoga bermanfaat dan anda bisa membuat kaligrafi sendiri dari kuningan plat tebal 1 mm.
=============================
CV.Assiry Art adalah Kontraktor Kubah GRC dan Menara GRC yang sudah pengalaman di bidang ini. Kami melayani jasa kaligrafi kubah, Kaligrafi kuningan plat, kaligrafi ukir juga berbagai order panel GRC custom dan produk ornament GRC, Kubah GRC, Menara GRC, mahkota pilar GRC/ Kuningan tempa dan lainnya di berbagai kota besar di seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Binjai, Medan, Lubuklinggau, Palembang, Bukittinggi, Batam, Riau, Pekanbaru, Bangka, Belitung, Jambi, Bandar Lampung, Jakarta, Bogor, Tangerang, Cirebon, Banten, Bandung, Semarang, Jepara, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Lamongan, Tuban, Mojokerto, Malang, Jombang, Kediri, Nganjuk, Blitar, Tulungagung, Madiun, Pacitan, Probolinggo, Jember, Banyuwangi, Bali, Mataram, Pontianak, Entikong, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Tarakan, Samarinda, Manado, Makasar, Gorontalo, Mamuju, Palu, Kendari, Kupang, Ambon, Jayapura dan sebagainya.

CV.ASSIRY ART
www.assirygrckubah.com
www.grcassiryart.com
Email: Assirykaligrafi@gmail.com
0857 1222 38 22