KLIK PADA GAMBAR DI BAWAH INI UNTUK MELIHAT KARYA-KARYA KALIGRAFI CV. ASSIRY ART

CV. ASSIRY ART DALAM LIPUTAN

MENARA MASJID GRC SEBAGAI GAYA ARSITEKTUR MODERN

Assiry art, 5 September 2018




Awalnya tujuan dari arsitektur menara masjid tradisional di Timur tengah khususnya Mekkah dan Madinah adalah sebagai sistem ventilasi atau perputaran udara masuk dan keluar suatu bangunan pada musim panas. Biasanya, bangunan ini terdiri dari sebuah menara besar dengan jendela membuka yang memungkinkan udara dingin masuk, dan sebuah kubah di tengah-tengah bangunan yang memiliki bukaan di langit-langit yang memiliki fungsi mengakumulasi dan mengalirkan udara hangat ke luar bangunan melalui sebuah cungkup yang tidak besar.

Masjid-masjid umumnya biasanya memiliki pusat ruangan dengan langit-langit tinggi atau kubah sehingga memungkinkan panas terkumpul dan mengalir ke atas dan membiarkan udara dingin di lantai bawah memungkinkan untuk sistem penyejuk udara alami. Ini hebatnya arsitektur islam dahulu sebelum mengenal AC atau pendingin modern. 

Namun saat ini dengan penemuan penyejuk udara modern (AC), tujuan dari menara telah berubah menjadi simbol tradisional atau klasik. Menara kini dilengkapi dengan pengeras suara (toa) yang berfungsi untuk memanggil orang-orang (adzan) untuk sholat di negara-negara Muslim. Selain itu untuk memberikan isyarat visual untuk komunitas Muslim, fungsi utama saat ini adalah untuk memberikan sudut pandang dari mana panggilan salat, atau adzan, dilakukan. 

Selain fungsi tersebut Menara Masjid juga melengkapi arsitektur Masjid menjadi terkesan gagah dan juga indah. Di Indonesia hampir rata -rata Masjid yang dibangun menggunakan Menara baik yang konvensional ( manual cor) atau dengan teknik Panel GRC seperti yang di populerkan oleh CV.Assiry Art.
Sudah ratusan Menara Masjid dengan bahan GRC yang sudah kami kerjakan yang tersebar di pelosok nusantara.
Berbagai bentuk Menara yang kami kerjakan (pada umumnya bulat, segi empat, spiral atau segi delapan) sesuai fungsi infrastruktur masing-masing arsitektur. Sekitar 5 tahun terakhir CV.Assiry Art kebanjiran order Menara Masjid dengan bahan GRC dengan bentuk dan gaya arsitektur Masjid Nabawi seperti tampak pada gambar karya kami di bawah ini (Team CV.Assiry Art sedang proses pemasangan dan finishing pengerjaan Menara GRC di Masjid Kubah Emas Herwansyah Labuan Banten).

Jumlah Menara masjid pada tiap-tiap Masjid tidak sama: awalnya, satu Menara menemani setiap Masjid, selanjutnya pembuat akan merekonstruksi beberapa buah lagi. Alasan utama berkisar pada estetika, simetri, keinginan untuk menonjolkan fitur arsitektur yang kuat, serta jaminan desain yang stabil.

Sejak lama, Masjid Agung Mekah (masjidil haram) di Mekkah adalah satu-satunya yang memiliki enam Menara. Namun, ketika Kesultanan Utsmaniyah membangun Masjid Biru di Istanbul, mereka membangun enam Menara. Menara ketujuh masjid ini dibangun di Mekkah, dalam rangka agar Masjidil Haram tidak dapat dikalahkan. Namun adzan biasanya dilakukan dari satu Menara.
Inilah sekelumit fungsi dan tujuan dibuat sebuah Menara Masjid di dunia. Di Indonesia sendiri Menara Masjid menjadi sebuah kebanggaan dalam pembangunan sebuah Masjid. 

CV.Assiry Art adalah Kontraktor Kubah GRC dan Menara GRC yang sudah pengalaman di bidang ini. Kami melayani jasa kaligrafi kubah, Kaligrafi kuningan plat, kaligrafi ukir juga berbagai order panel GRC custom dan produk ornament GRC, Kubah GRC, Plafon fiber, Menara GRC, lanscape' Arsitektur Islami Rancang bangun dan lainnya di berbagai kota besar di seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Binjai, Medan, Lubuklinggau, Palembang, Bukittinggi, Batam, Riau, Pekanbaru, Bangka, Belitung, Jambi, Bandar Lampung, Jakarta, Bogor, Tangerang, Cirebon, Banten, Bandung, Semarang, Jepara, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Lamongan, Tuban, Mojokerto, Malang, Jombang, Kediri, Nganjuk, Blitar, Tulungagung, Madiun, Pacitan, Probolinggo, Jember, Banyuwangi, Bali, Mataram, NTB, Pontianak, Bengkulu, Entikong, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Tarakan, Samarinda, Manado, Makasar, Gorontalo, Mamuju, Palu, Kendari, Kupang, Ambon, NTT, NTB, Jayapura dan sebagainya.

Jika anda berkebutuhan terkait GRC Menara, Kubah GRC, tembaga/kuningan, plafon galvalum, GRC Krawangan dan masif, Kaligrafi dll yang murah dan Profesional:
Info pemesanan CV.Assiry Art CP/WA: 0857 1222 38 22.
www.assirygrckubah.com
www.grcassiryart.com
www.pesantrenkaligrafipskq.com
Email: Assirykaligrafi@gmail.com