KLIK PADA GAMBAR DI BAWAH INI UNTUK MELIHAT KARYA-KARYA KALIGRAFI CV. ASSIRY ART

CV. ASSIRY ART DALAM LIPUTAN

KEUNGGULAN KUBAH GRC SEBAGAI KUBAH MASJID



 
 Muhammad Assiry, 19 Juni 2017



Kubah masjid adalah elemen bangunan masjid dengan bentuk khas setengah lingkaran yang biasanya terletak di bagian tertinggi sebagai atap bangunan sekaligus sebagai ornamen arsitektur yang menjadi identitas masjid tempat ibadah umat muslim. Sekalipun demikian tidaklah wajib setiap masjid harus memakai kubah dan sebaliknya banyak pula bangunan bukan masjid yang menggunakan kubah sebagai ornamen arsitektural. . Arsitektur kubahnya pun begitu menarik, klasik, dan berkelas tidak luntur dimakan jaman.

Dari berbagai material kubah masjid yang kita kenal, kubah GRC adalah jenis kubah yang cukup populer pada saat ini terutama untuk menggantikan kubah masjid dari beton bertulang. Kubah GRC dibuat dari material beton GRC (Glassfibre Reinforce Concrete) yang merupakan pengembangan teknologi beton yaitu jenis beton fiber dengan penguat serat fiberglass. Keunggulan sifat beton GRC adalah lebih ringan dan ulet tapi tetap kokoh sehingga bisa dicetak dalam bentuk lembaran tipis yang sebelumnya tidak bisa diterapkan pada beton biasa.

      Berikut adalah beberapa kelebihan kubah masjid GRC secara rinci:
1.      Pengerjaannya lebih cepat
Ini dikarenakan pembangunan kubah masjid menggunakan GRC lebih singkat daripada pembangunan kubah menggunakan bahan beton. Jika menggunakan beton, pembangunannya membutuhkan waktu sekitar 2 bulan lamanya. Namun jika menggunakan GRC, kita hanya membutuhkan waktu 1-2 minggu saja.
2.      Biaya yang diperlukan lebih hemat
Menghemat biaya pembuatan adalah salah satu keunggulan kubah masjid GRC. Penghematan ini bisa dilakukan karena pembuatan kubah dengan GRC tidak banyak memerlukan bahan serta pengerjaannya lebih cepat. Sehingga sisa dana bisa dialokasikan untuk yang lainnya.
3.      Kubah masjid dengan bahan GRC lebih ringan
Efek ringan inilah yang membuat kubah masjid menjadi lebih efektif. Sehingga tidak akan memperberat pondasi dibawahnya. Selain itu juga karena GRC yang terdiri dari lembaran-lembaran panel tipis.
4.      Lebih kokoh
Kubah GRC ini tidak kalah ketahanannya dengan beton. Bahkan lebih tahan terhadap cuaca ekstrim dan tahan benturan.
5.      Lebih awet
Kubah GRC akan bertahan puluhan tahun, sama seperti kubah beton.
6.      Lebih presisi
Keunggulan kubah masjid GRC ini terkait bentuk dari cetakan kubah. Kubah GRC lebih teratur cetakannya karena dicetak dengan moulding. Berbeda dengan kubah beton yang dicetak dengan bekisting.
7.      Lebih fleksibel
Ragam dan motif dari kubah GRC ini lebih banyak dan bervariasi. Sehingga bentuknya lebih fleksibel.
8.      Lebih terjamin
Mutu bahan dan pembuatan kubah GRC ini lebih terjamin karena diawasi oleh tenaga-tenaga berpengalaman.
9.      Lebih mudah
Kemudahan membuat kubah GRC ini didapat mulai dari pembautan, pemasangan, perawatan, serta perbaikannya.












 http://grchexacon.blogspot.co.id/2015/12/9-keunggulan-kubah-grc-sebagai-kubah.html