KLIK PADA GAMBAR DI BAWAH INI UNTUK MELIHAT KARYA-KARYA KALIGRAFI CV. ASSIRY ART

CV. ASSIRY ART DALAM LIPUTAN

MANFAAT MELUKIS MOTIF/ORNAMEN

Assiry Art, 02 Juli 2018





Selesai juga pekerjaan motif plafon hand made. Butuh waktu seminggu untuk menyelesaiakan motif ini. Dengan perpaduan warna hijau yang cerah menjadikan interior ruangan itu menjadi makin segar dan fresh. Sehingga mata yang memandang pun tidak lelah. Ternyata banyak manfaatnya lho membuat motif dan ornamen pada berbagai media, diantaranya adalah:
1. Anti Depresan Alami
Banyak yang memulai kegiatan melukis ornamen karena sensasi relaksasi yang bisa didapatkan. Penjelasan ilmiahnya belum banyak diketahui, namun lebih terletak pada kegiatan membatik atau melukis ornamen yang bisa mengaktifkan bagian otak yang memicu pelepasan dopamine, yang merupakan salah satu sel kimia dalam otak yang sering didapuk sebagai anti depresan alami.
Sebuah studi membuktikan, terdapat hubungan yang kuat antara frekuensi melykis ornamen dengan perasaan senang dan tenang. Reaksi emosi yang positif tersebut bisa saja didapatkan dari kegiatan melkis ornamen yang menyenangkan atau dari persahabatan yang didapat dari komunitas santri dan team Assiry Art tersebut. Ini berarti, satu kegiatan melukis ornamen memiliki dua sisi terapi relaksasi secara bersamaan, yaitu relaksasi fisik yang didapat dari kegiatan melukis tersebut dan relaksasi psikologis yang didapat dari komunikasi antar teman atau Santri.
2. Pelepas Lelah Tubuh
Sekolah dan kantor merupakan tuntutan sosial yang cukup melelahkan bagi banyak orang pada umumnya. Banyak yang sering langsung memilih berbaring atau istirahat total setelah pulang dari kegiatan belajar atau bekerja. Namun, melanjutkan aktivitas yang disukai langsung setelah capek beraktivitas sebenarnya dapat memberikan efek menyegarkan yang tidak terduga, contohnya dengan melukis ornamen seperti yang dilakukan oleh team Assiry Art tersebut.
Pergerakan yang repetitif dan santai saat merajut dapat menenangkan, bukan hanya untuk kinerja otak, melainkan juga untuk tubuh. Ini disebabkan pergerakan tersebut mendatangkan relaksasi pada otak yang memiliki efek positif juga pada penat tubuh. Oleh karena itu, sebelum langsung rebahan setelah pulang ke rumah, cobalah untuk duduk dan melepaskan lelah sejenak guna mendapatkan dorongan energi baru yang akan membantu mengembalikan stamina tubuh.
3. Perangsang Motorik yang Baik
Stimulasi yang didapat dari kegiatan melukis ornamen atau membatik itu meliputi hampir seluruh bagian otak, dimulai dari perencanaan yang membutuhkan konsentrasi, informasi navigasi, informasi visual, memori, dan motorik.
Oleh karena itu, melukis ornamen seperti ini sangat dianjurkan dilakukan anak-anak yang mengalami masalah dengan keahlian motorik ataupun untuk pasien dewasa dengan keluhan parkinson. Selain membantu koordinasi mata dengan tangan, melukis dengan bermain dengan warna dan motif batik dapat mengalihkan rasa sakit yang sering dialami oleh penderita parkinson.
4. Pengganti Meditasi untuk Gejala Kecemasan, Stres, dan Depresi.
Konsep melukis ornamen sering disamakan dengan meditasi dari segi proses otak, yaitu relaksasi dengan cara hanyut dalam ketenangan dan membiarkan memori otak mengambil alih. Ritme dan repetisi yang sama juga berarti efek yang serupa antara melukis ornamen dengan meditasi. Tak pelak, melukis ornamenseperti ini sering saya gunakan di Pskq Modern Kudus Jateng sebagai salah satu solusi terapi guna mengenyahkan gejala yang berkaitan dengan penyakit psikologi, seperti rasa cemas yang berlebihan, stres, dan depresi.
5. Pencegah Kemunduran Kognitif
Lebih dari 60 persen kinerja permukaan otak berkaitan dengan penggunaan tangan. Dengan menggerakkan kedua tangan secara bergantian saat melukis ornamen mulai dari pembuatan mal sampai pewarnaan, berarti kamu sedang menggunakan kedua belah sisi otak secara bersamaan. Hal ini menjadikan melukis ornamen seperti ini sebagai salah satu cara terbaik guna mengaktifkan fungsi otak.
6. Pencegah Arthritis dan Tendonitis
Kehebatan melukis motif ini bagi kesehatan lagi-lagi tidak hanya berhenti di seputar psikologi atau pengaruh ke otak. Ternyata, melukis motif ini memiliki manfaat yang menguntungkan pada jemari dan tangan, terutama untuk mencegah terjadinya penyakit arthritis dan tendonitis. Kedua penyakit tersebut berhubungan dengan kekakuan dan rasa sakit pada sendi yang dapat menyerang baik pria ataupun wanita paruh baya.
7. Penghalau Galau
Mungkin belum ada studi khusus yang menunjukkan merajut ampuh menghilangkan perasaan galau atau risau pada seseorang. Namun pada dasarnya, melukis motif ini adalah sebuah kegiatan yang dapat menyita konsentrasi seseorang layaknya kegiatan olahraga atau pekerjaan lainnya. Dengan memusatkan perhatian pada suatu hal yang kamu sukai, akan tercipta suatu kondisi mental yang tenang dan jauh dari rasa galau.
8. Menumbuhkan rasa percaya diri
Melukis motif juga bukan pekerjaan yang gampang dan diketahui orang banyak. Jadi, ada suatu perasaan bangga yang berbeda jika kamu mampu menghasilkan benda-benda berguna dan membuat sesuatu yang bisa diberikan kepada orang-orang yang kamu sayangi dan memberikan manfaat kepada orang lain.
=======================================
Illustrasi: Motif ornamen hand made karya Assiry Art. Info pemesanan
Cp: 0857 1222 38 22