KLIK PADA GAMBAR DI BAWAH INI UNTUK MELIHAT KARYA-KARYA KALIGRAFI CV. ASSIRY ART

CV. ASSIRY ART DALAM LIPUTAN

KELEBIHAN KUBAH GRC KARYA ASSIRY ART

Assiry art, 5 September 2018



Pembuatan Kubah masjid dari beton konvensional itu sama dengan membuat struktur beton bertulang secara cast in situ, membutuhkan waktu yang lumayan lama dan biaya yang membengkak seperti mengukur lokasi, membuat bekisting, memasang perancah, menyusun penulangan hingga pengecoran beton dan proses curing.

Setelah selesai masa curing pada standar umur beton 28 hari barulah bekisting bisa dibongkar dan selanjutnya dilakukan proses finishing. 
 
Dari segi waktu dari mulai persiapan hingga pembongkaran bekisting secara normal rata-rata membutuhkan waktu 2 bulan hanya untuk pekerjaan kubah masjid saja. Belum lagi bicara beaya jelas sangat banyak memakan kes flow.

Kubah GRC Assiry Art sebagai sebagai solusi pembangunan masjid akan jauh lebih singkat karena beberapa item pekerjaan proyek bisa dikerjakan secara pararel dimana proses pembuatan kubah grc dilakukan di workshop dan pada saat yang sama di lokasi proyek masih dalam tahap pekerjaan kolom struktur bangunan masjid. Setelah lokasi sudah siap barulah kubah GRC dipasang dan hanya butuh waktu singkat sekitar 1-3 minggu kubah masjid sudah selesai terpasang tinggal pengecatan akhir dan pengerjaan kaligrafi dalam kubah.

Kelebihan produk kubah GRC CV. assiry Art sbb:
1.Lebih Cepat : Waktu pengerjaan atai renovasi masjid lebih singkat karena dikerjakan di workshop tanpa mengganggu proses konstruksi yang sedang berlangsung sedang pemasangan kubah GRC di lokasi proyek lebih cepat.
2.Lebih murah : Biaya pembuatan kubah GRC CV. Assiry Art lebih murah dibanding kubah masjid dari beton bertulang termasuk pula menghemat biaya struktur sehingga dana yang ada bisa dialokasikan untuk item yang lain misal krawangan, ornamen pilar, ornamen kaligrafi dsb.
3.Lebih Ringan : Material GRC lebih ringan daripada beton bertulang sehingga mengurangi beban struktur yang artinya lebih hemat biaya struktur bangunan dan relatif lebih tahan gempa.
4.Lebih Kokoh : Kubah GRC dibuat dari beton fiber yang juga memiliki sifat keunggulan beton yaitu kokoh dalam menahan beban/benturan dan tahan cuaca dibanding kubah masjid dari material selain beton.
5.Lebih Awet : Dibanding kubah masjid dari material lain kubah GRC sama awetnya dengan kubah beton bertulang yang awet puluhan tahun.
6.Lebih Presisi : Kubah GRC dibuat secara melalui proses cetak menggunakan moulding di workshop sehingga bentuk kubah dijamin lebih presisi daripada kubah beton bertulang yang menggunakan bekisting di lokasi.
7.Lebih Fleksibel : Dibanding kubah beton, proses desain kubah GRC yang dikerjakan di workshop dengan sistem cetak memiliki keunggulan kubah masjid bisa lebih fleksibel dalam bentuk dan ragam motif yang dikehendaki. Finishing kubah GRC juga bisa menggunakan cat eksterior seperti beton bertulang pada umumnya.
8.Lebih Terjamin : Seperti halnya beton precast, proses pembuatan kubah GRC di workshop mempermudah proses pengawasan sehingga mutu produk bisa lebih terjamin dibandingkan kubah beton bertulang yang dikerjakan secara in situ di lokasi.
9.Lebih Mudah : Karena memiliki sifat seperti beton maka kubah GRC juga mudah dalam pemeliharaan rutin tiap tahunnya termasuk dalam proses perbaikan bila terjadi kerusakan kecil.

Kubah GRC dibuat dengan struktur rangka baja berupa frame dari pipa baja galvanis tahan karat yang di bentuk melengkung memakai mesin roll khusus kemudian disusun menjadi sebuah rangka kubah dengan metode pengelasan penuh/full welding. Setelah frame terbentuk maka pada titik sambungan las dicat zincromate agar tahan karat.

Tahap selanjutnya lembaran2 cladding GRC yang telah dicetak di workshop CV. Assiry Art sebagai segment penutup kubah, disusun satu persatu hingga bulatan kubah masjid terbentuk sempurna sesuai gambar kerja.

Proses pencetakan cladding GRC CV. AssiryArt memakai moulding di workshop memungkinkan kubah masjid bisa dibentuk dengan motif yang bervariasi. Setelah penyusunan cladding GRC kubah masjid selesai maka dilakukan finishing pengecatan sesuai keinginan klien.




==============
Gambar: Pemasangan GRC Kubah Masjid Baitul Muttaqin Semarang karya CV. Assiry Art.